Kisah Idol Kpop Yang Debutnya Kurang Sukses

Kisah Idol Kpop Yang Debutnya Kurang Sukses

K-pop.web.id – Menjadi seorang idola KPop memang sama sekali tidak mudah. Saat menjadi trainee, seseorang harus sekolah dan juga latihan keras setiap harinya, dan setelah debut pun tidak ada yang menjamin kesuksesan sebuah grup. Bahkan, sampai muncul kesimpulan di antara fans bahwa perusahaan yang besar juga menentukan kesuksesan sebuah grup. Jika kamu penasaran kisah memilukan para idol yang debutnya kurang berhasil, ini dia di antaranya!

1. Kim Sung Hyun
Kemarin Kim Sung Hyun, ex-IN2IT sekaligus peserta Produce X 101 mengumumkan kepergiannya dari grup. Dalam suratnya pada fans, Sung Hyun menjelaskan secara rinci penyebab mundurnya dari IN2IT dan agensi MMO. Selain faktor keluarga dan ekonomi, ia juga menyebutkan konflik dengan agensi.

Sung Hyun menyebutkan bahwa ia tidak pernah dibayar selama aktif di IN2IT dalam dua tahun dan menerima gaji setelah teken kontrak. Karena itu ia berpikir bahwa sangat tidak adil dan aneh ketika perusahaan meminta penalti saat ia mengakhiri kontrak. Melalui surat yang ia kirim di Instagram ini, banyak fans yang berempati terhadap kondisi Sung Hyun.

2. Jin Hyuk & Woo Seok UP10TION
Pada episode awal Produce X 101, Jin Hyuk dan Woo Seok menjelaskan mengapa mereka ikut dalam survival tersebut. Salah satu jawaban yang memilukan disebutkan oleh Jin Hyuk adalah, “Ada begitu banyak grup, tapi hanya satu dua yang berhasil. Aku menyadari bahwa sesuatu tidak berjalan lancar hanya karena bekerja keras.”

Sementara, Woo Seok berkata, “Sejujurnya pada awalnya aku sedikit menyalahkan perusahaan, lalu seiring berjalannya waktu, aku mulai banyak menyalahkan diri sendiri. Aku berpikir, ‘Apakah aku seburuk ini?'”. Sontak video ini pun membuat para pelatih Produce X 101 ikut merasa sedih.

3. H.O
Pasca bubarnya Madtown pada 2017, H.O menjadi BJ di Afreeca TV. Dalam salah satu videonya ia pernah mengungkap sisi gelap dunia KPop dan berkata, “Ketika para idol debut, mereka mulai memiliki hutang.”

Ia juga menyebutkan bahwa untuk mendebutkan sebuah grup, dibutuhkan minimum $500K USD. Tapi, ia juga mengatakan tidak mungkin untuk membayar $500K USD setelah selesai promosi album pertama, artinya para member tidak dapat menghasilkan uang bahkan beberapa lama setelah debut.

Baca Juga : Beberapa Idol KPop yang Berasal dari Taiwan

4. 14U
Ada dua versi mengenai bubarnya 14U, dilansir dari Soompi, sebuah sumber mengatakan bahwa ketiga belas member sepakat mengakhiri kontrak karena perusahaan bersikap diskriminatif pada sebagian member yang menyebabkan konflik dalam grup.

Namun, BGent menyebutkan bahwa bubarnya 14U adalah kesepakatan seluruh member dan orang tua mereka karena masing-masing memiliki mimpi yang berbeda. Terlepas dari bubarnya grup yang terbilang cukup muda ini, apa kamu tahu ada membernya yang berasal dari Indonesia?

5. PRISTIN
Sebenarnya, bisa dibilang bahwa PRISTIN memiliki anggota yang sangat berbakat bahkan bisa memproduksi musik mereka sendiri. Banyak fans yang kecewa terhadap Pledis entertainment dikarenakan PRISTIN memiliki banyak penghargaan walau baru saja debut.

Agensi menyatakan, pasca berdiskusi dengan para member, mereka memutuskan untuk mengakhiri kontrak. Tentu saja bubarnya PRISTIN membuat jagat maya ramai, apalagi umur grup mereka hanya dua tahun.

Bagaimana menurutmu? Dunia hiburan KPop memang sangatlah kompetitf, dan semoga para idol ini bisa menemukan jalan sukses mereka sendiri ya!

Related posts